Thursday, May 8, 2014

SHALAT JUMAT BERSAMA WAKIL WALI KOTA SALATIGA


Di masjid jami’ Dharma Lestari Kelurahan Pulutan, Kec. Sidorejo Kota Salatiga, Bapak Wakil Wali Kota Salatiga,beserta rombongan, berkesempatan hadir  dalam kunjungannya kali pertama untuk mengadakan shalat jum’ at bersama para santri-santri Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah. Dalam khutbahnya di mimbar masjid jami’ yang diresmikan pada tanggal 21 april 2013, oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo ini, beliau Bpk. Wakil Wali Kota Salatiga, berwasiat kepada para hadirin jamaah Shalat Jum’at untuk selalu meningkat ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena taqwa merupakan sebaik-baik bekal kita sebagai seorang muslim dalam mengarungi bahtera kehidupan, apalagi di Era Globalisasi seperti sekarang ini. Inilah bekal yang utama dan paling utama. (Terangnya).Setelah selesai menyampaikan khutbahnya, dilanjutkan dengan shalat jum’at berjamaah dan sekaligus beliau berperan sebagai imam. 

Lalu beliau juga berkesempatan menyampaikan tausyiahnya dan memberikan motifasi kepada seluruh santri seusai shalat jum’at, didahului sambutan dari pengasuh Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah, KH. Usman Mansur,BA.
“Dulu saya juga nyantri seperti kalian, tepatnya di salah satu Pondok Pesantren di Pacitan, Sekurang-kurangnya, ada tiga kelebihan yang kalian dapatkan selama kamu tinggal di Pesantren"  akunya

Pertama: Mental Spiritual
Mental Spiritual akan terbentuk dengan sendirinya bagi santri yang mau tinggal dan mondok di pesantren, kalau di sekolah pagi paling yang didapat untuk pelajaran Agama cuma dua jam pelajaran dalam waktu satu minggu, inikan minim sekali,  sekarang kalian 24 jam tinggal di pondok, makan di pondok, shalat di pondok, jamaahbareng-bareng  di masjid, inilah yang akan membentuk mental spiritual kalian. (lanjutnya).
Beliau meneruskan pembicaraannya dengan bertanya kepada seluruh santri, kebersihan di lingkungan pondok siapa yang membersihkan, tukang apa santri? (serempak Para santri menjawab): Santriiii.
(TOP MARKOTOP) ungkapan beliau dalam memberikan apresaiasi kepada santri. Berarti kalian sudah membiasakan diri sejak dini untuk bertanggung jawab dalam menjalankan tugas, dan disiplin  dalam beribadah kepada Allah SWT, serta menjaga kebersihan di lingkungan pesantren.

Kedua: Pendidikaan Formal dan non Formal
Memang sudah menjadi keunggulan tersendiri di pesantren ini, selain kalian dapat ilmu di bidang formal, kalian juga dapat pendidikan non formal; mengaji al Qur’an, mengkaji kitab kuning, pelajaran-pelajaran Madrasah Diniyyah, dan lain-lain dalam membekali kalian agar seimbang antara ilmu dunia dan ilmu akhiratnya.

Ketiga: Skill  / keterampilan
Keterampilan / skill yang kalian dapatkan selama mondok di pesantren ini merupakan bekal untuk kalian yang nantinya dibawa ke masyarakat, karena kalau santri punya keterampilan nantinya bisa menopang kehidupannya sekembalinya pulang ke masyarakat. 
Itulah kiranya yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan ini, lalu ditutup  dengan salam oleh beliau dalam mengakhiri Tausyiahnya.
Acara ini juga di hadiri oleh  beberapa  staf dinas pemerintah Kota Salatiga. Dan sebagai akhir dalam acara ini seluruh santri berjabat tangan kepada Bapak Wakil Wali Kota Salatiga.

No comments:

INFORMASI PSB SMP DHARMA LESTARI

Bismillaahirrahmaanirrahiim Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Berikut kami sampaikan terkait Prosedur Pendaftaran Santri Baru SMP DHARMA LESTARI unt...